Kamis, 02 Desember 2010

Kiat Kiat Menjadi Orang Sukses

Jika kita melihat seseorang yang kita kenal telah sukses, mungkin timbul pertanyaan dari dalam hati kita, “Kapan aku bisa seperti dia, menjadi orang sesukses mereka ?” Setelah itu kita akan mulai mencari tahu berbagai informasi tentang kiat kiat orang sukses. Entah itu melalui buku buku, seminar, internet, artikel, majalah, dsb.

Namun kesuksesan tidak akan kita capai jika kita tidak melakukan apa apa dan tidak dimulai melakukan tindakan atau action mulai sekarang. Fokus, komitmen dandan bersungguh sungguh adalah hal yang paling penting anda lakukan dengan segera agar kesuksesan itu akan segera kita capai.

Apa aja sih kiat kiat orang sukses itu :
  1. Jangan Suka Menunda. Ada pepatah kuno yang berbunyi Janganlah menunda apa yang bisa kita selesaikan hari ini. Selesaikanlah sebanyak mungkin. Dan besok hari adalah hari yang berbeda dan memiliki kegiatan yang berbeda pula. Bekerjalah seakan akan tidak akan pernah ada hari esok. Jika menundanya, maka akan semakin menumpuk dan mungkin tidak akan bisa kita selesaikan lagi. Lakukan action mulai sekarang. Mulailah berubah hari ini. Jangan lagi ditunda kesuksesan anda hingga esok hari karena siapa tahu hari ini adalah hari kesuksesan Anda.
  2. Berinisiatif. Salah satu ciri orang sukses adalah memiliki solusi dan inisiatif untuk mengambil keputusan dan tindakan penting apa saja yang diperlukan dalam suatu keadaan yang terjadi disekitar. Biasanya perkataan yang keluar dari mulut orang orang yang berinisiatif berisikan ajakan, harapan dan optimism. Jadi jika anda ingin segera meraih kesuksesan, miliki sifat inisiatif ini.
  3. Selalu positive thinking dalam setiap kondisi. Ada cerita tentang seekor anak nyamuk yang sedang belajar terbang. Setiap hari ia selalu berlatih mengepakkan sayap kecilnya supaya bisa terbang. Suatu hari sang ibu bertanya pada si anak bagaimana tentang pelajaran terbangnya. Dan si anak menjawab dengan ceria, “Wah, ternyata pelajaran terbang itu sangat menyenangkan ya bu, bayangkan saja, setiap saya berlatih untuk terbang, maka banyak tepukan tangan yang saya terima, dan itu memberi saya semangat untuk sekuat tenaga mengepakkan sayap dan terbang.” Ketahuilah, bahwa si anak nyamuk dalam usahanya berlatih terbang memiliki pemikiran yang positif, dia berpikir bahwa tepukan tangan dari manusia yang ingin menepuknya dianggapnya sebagai tepukan penuh semangat yang mengharuskan dia untuk mengepakkan sayapnya dan terbang. Oleh sebab itu, mulai sekarang selalu tanamkan dari dalam pikiran kita hal hal yang positif dan terbanglah. Segala halangan dan rintangan yang menghadang adalah sebuah tantangan dan anggaplah sebuah penyemangat yang akan membuat anda terus melangkah.
  4. Hargailah Waktu. Orang sukses selalu memiliki kebiasaan dalam menghargai waktu. Baginya waktu yang berputar 24 jam dalam sehari sangatlah berharga. Jangan sia siakan setiap detiknya, lakukan hal hal yang berharga dan bermanfaat demi mencapai kesuksesan. Pergunakanlah waktu anda ketika sedang menunggu dengan membaca, manfaatkan segala waktu luang anda di waktu senggang untuk bersosialisasi dan menjalin koneksi baru. Selalu manfaatkan waktu anda sebaik mungkin. Karena waktu yang anda miliki sangat berharga, bahkan ada pepatah yang mengatakan “Time is Money”.
  5. Selalu Belajar dari Kesalahan dan Pengalaman. Semua orang yang sukses bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan. Justru mereka telah banyak melakukan kesalahan tetapi mereka mampu untuk bangkit dan belajar dari semua kesalahan dan pengalaman gagalnya itu. Dengan belajar dari kesalahan dan pengalaman di masa lalu. Anda akan belajar untuk mengatasi segala masalah dalam kehidupan ini dan tidak akan mengalami kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
  6. Memanfaatkan Setiap Peluang yang Ada. Terkadang peluang itu datang tanpa kita sadari dan itu bisa saja datang setiap saat. Pekalah terhadap setiap peluang yang ada didepan mata. Manfaatkanlah sebaik mungkin. Bisa saja tidak akan datang lagi untuk kedua kalinya. Bukalah mata dan hati anda untuk menerima berbagai informasi, yang mungkin bisa jadi membawa anda ke sebuah kesuksesan. Seperti saat saya bergabung di d’BC Network, saya tidak pernah ragu untuk mempraktekkan setiap training yang diajarkan. Saya yakin training training yang diajarkan pasti akan membawa saya pada suatu kesuksesan seperti telah banyak terbukti lahirnya leader leader baru setiap bulannya.
  7. Jangan Mudah Menyerah. Ada cerita mengenai dua orang yang sangat menyukai bakso, setiap hari mereka selalu menanti tukang bakso yang selalu lewat sore hari di depan rumahnya. Pada suatu hari, si abang baksp yang mereka tunggu tidak kunjung datang. Padahal perut mereka sudah sangat lapar dan benar benar ingin makan bakso. Mereka berdua menunggu hingga malam datang. Lalu salah seorang dari mereka tidak sabar menunggu si abang bakso itu, dia masuk ke dalam rumah sambil marah marah karena perutnya yang sangat lapar dan menunggu si abang bakso yang tak datang datang. Tapi temannya tetap saja menunggu dengan sabar dan berdo’a “Ya tuhan, saya sangat ingin makan bakso” sambil membawa mangkuk bakso itu. Tidak lama kemudian si abang bakso yang mereka tunggu pun lewat. Dengan senang hati temannya yang sabar menunggu itu menyambut si abang bakso dengan hati yang senang. Apa hikmah yang dapat kita ambil dari cerita diatas, seandainya salah seorang dari mereka tadi mau bersabar sedikit untuk tetap menunggu si abang bakso, maka ia akan dapat makan bakso favoritnya. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan kesuksesannya akan datang. Teruslah berjuang dan jangan pernah menyerah dengan keadaan apapun. Pantang menyerah adalah salah satu ciri orang sukses. Raihlah apa yang sudah kita impikan kalau kita sudah mempunyai cita cita peganglah secara kuat kuat. Jangan pernah menyerah.

2 komentar: