Kamis, 19 Januari 2012

Tips Mudah dalam Mengembangkan Bisnis Online


Seiring dengan perkembangan internet yang makin pesat sekarang ini, berpengaruh juga terhadap cara orang mencari penghasilan. Tren ini makin meluas, karena penggunaan internet yang relatif lebih murah, jangkauan yang luas, serta kemudahan bertransaksi. Bisnis online lewat metode internet marketing menjadi suatu metode alternatif dalam mendapatkan penghasilan, karena bisa dilakukan dimanapun, tidak memerlukan kantor yang luas, juga bisa dilakukan dari rumah.
Pengembangan bisnis online, tentu saja juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti ketersediaan sumber daya, kesiapan pelayanan pelanggan, dan juga alternatif transaksi. Berikut beberapa tips mudah dalam mengembangkan bisnis online :
  • Buat e-mail.
Persiapkan dan buat e-mail untuk kelancaran informasi yang berhubungan dengan barang atau jasa yang dimaksud, misal tokocantik, jasa murah, dll. Kita bisa menggunakan e-mail gratisan dari yahoo atau google. E-mail juga berfungsi dalam pembuatan web domain atau web hosting.

  • Persiapkan web domain dan web hosting.
Persiapkan web domain dan web hosting. Kita bisa menggunakan yang gratisan ataupun berbayar. Untuk gratisan, kita bisa menggunakan blogger, sedangkan untuk yang berbayar, kita bisa menggunakan web hosting atau web domain yang harga sewanya bervariasi, tergantung dari bandwith dan kapasitas memori yang ditawarkan provider.
Jaringan yang luas dan bisa menjangkau seluruh daerah pelayanan mutlak diperlukan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya ketidakmerataan pendistribusian barang atau jasa, sehingga tidak terjadi penolakan order.
  • Persiapkan alamat yang jelas.
Alamat perusahaan atau tempat pemasaran harus jelas, untuk menghindari penipuan dan juga untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Bila perlu cantumkan juga nomer telepon dan foto lokasinya.
  • Persiapkan kontak konsumen atau layanan pelanggan
Kontak pelayanan terhadap konsumen dimaksudkan agar komunikasi dan informasi tentang suatu produk barang atau jasa menjadi lebih lancar. Kontak konsumen harus mencakup informasi jenis barang, cara penggunaan, cara pembelian, dan juga saran atau keluhan. Pada intinya semua jenis pertanyaan dan keluhan para konsumen harus mendapatkan jawaban yang memuaskan. Kita bisa menggunakan jasa virtual call center.
  • Persiapkan iklan yang menarik
Iklan merupakan salah satu cara paling efektif dalam memasarkan dan mengembangkan barang atau jasa. Banyak sekali metode beriklan yang bisa dipilih, antara lain melalui google adwords, google adsense, iklan facebook, atau pihak lain.
  • Persiapkan metode transaksi.
Metode transaksi yang mudah dan cepat, akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak, produsen dan konsumen. Kita bisa menggunakan metode paypal atau alertpay. Alternatif lain adalah metode pembayaran lewat credit card atau transfer rekening.
Demikian beberapa tips mudah dalam mengembangkan bisnis online. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar